Dasar-Dasar Sosiologi Hukum

 

Nama              : Humaida      

NIM                : 2014120263             

Prodi               : Ekonomi Syariah

Kelas               : E ( Semester 1)

Mata Kuliah    : Filsafat Ilmu


RESENSI BUKU

DASAR-DASAR SOSIOLOGI HUKUM

Resensi buku Dr. Sabian Utsman, Drs., S.H. M.Si., Dasar-dasar Sosiologi Hukum, oleh

Humaida, Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Palangka Raya.

 


 

Judul Buku                  :           Dasar-dasar Sosiologi Hukum

Pengarang                   :           Dr. Sabian Utsman, Drs., S.H., M.Si.

Pengantar                    :           Prof. H. Soetandyo Wignjosoebroto, M.PA.

Penerbit                       :           Pustaka Pelajar

Tahun Terbit               :           Cetakan 1, April 2009

Halaman                      :           i-xxiv + 406 Halaman

Halaman ISBN           :           978-602-8300-92-6

 

Buku ini ditulis oleh salah seorang dosen IAIN Palangka Raya, yaitu Dr. Sabian Utsman, Drs., S.H., M.Si dan buku ini diberi judul “Dasar-Dasar Sosiologi Hukum” ditulis dengan tujuan oleh penulisnya untuk memudahkan para mahasiswa yang sedang mengambil dan mempelajari mata kuliah Sosiologi Hukum.

Didalam buku ini membahas tentang Konsep Dasar Sosiologi Hukum, Kegunaan Teori dan Sosiologi Hukum sebagai Alat Memahami Perkembangan Masyarakat, Dasar-Dasar Sosiologi Hukum, Studi dan Pemikiran Hukum, Anatomi Sosial dan Hukum, Hukum dan Perubahan Sosial serta Interaksi Antara Hukum Negara, dan Manusia, Kerja, dan Hukum, Problematika Berhukum di Indonesia, Penelitian Sosiologi Hukum, dan Proposal Penelitian Hukum (Legal Research) dan Metode Penelitian. Dalam buku ini dikatakan bahwa Hukum yang sesungguhnya adalah dihati-nurani, ia merupakan perwujudan nilai-nilai yang berproses melembaga, bukan hanya sekedar keadaan dan peristiwa belaka.

Pembahasan dalam buku ini sangat lengkap untuk dipelajari,karena di dalam buku ini terdapat ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan dasar-dasar sosiologi hukum akan semakin luas serta membentuk insan hukum yang berkarakter kuat.

Tujuan Penulisan Buku ini adalah ini sebagai perantara untuk memudahkan  para pembaca yang berasal dari kalangan masyarakat maupun kalangan akademis dan tanpa terkecuali para mahasiswa yang mempelajari mata kuliah Sosiologi Hukum atau yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap ilmu sosiologi ini

Kelebihan pada buku ini  sangat banyak diantaranya adalah buku ini sangat kaya akan pengetahuan, sehingga untuk para pemula yang ingin mempelajari materi tentang sosiologi hukum ini akan sangat mudah dimengerti. Selain itu buku ini juga banyak pembahasan yang terdapat didalamnya dan sangat lengkap sehingga buku ini mencapai 406 halaman. Buku ini  sangat memberikan manfaat bagi para pembaca, menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman.

Kekurangan dalam buku ini Bahasa yang digunakan dalam buku ini tinggi sehingga perlu pemikiran yang luas dan kritis untuk memahami buku ini, dan juga buku ini sangat tebal yang mana halamannya yaitu mencapai Empat Ratus Lebih jadi perlu waktu yang banyak untuk menyelesaikan membaca buku ini.

 

 

Komentar